Usai Serangan di Libya, Obama Sebut Kekuatan AS Sangat Diperlukan di Dunia

Usai Serangan di Libya, Obama Sebut Kekuatan AS Sangat Diperlukan di Dunia
Kamis, 13/09/2012 12:27 WIB 
 
Novi Christiastuti Adiputri - detikNews
Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda
Barack Obama
Las Vegas, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menegaskan bahwa tidak ada aksi teror yang mampu menghentikan kiprah AS di dunia internasional. Pernyataan Obama ini disampaikan menyusul serangan yang melanda kedutaan AS di Mesir dan konsulat AS di Libya.

"Kami ingin menyampaikan pesan kepada seluruh dunia, kepada siapapun yang berniat membahayakan kami -- tidak ada aksi teror yang mampu meredupkan cahaya nilai-nilai kebangsaan yang selalu kami sebarkan ke seluruh dunia," ujar Obama seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (13/9/2012).

"Tidak ada aksi kekerasan yang bisa menggoncang kesolidan AS. Kita tidak akan tergoyahkan -- kita akan terus berjalan, kita akan tetap melanjutkannya karena dunia membutuhkan kita. Kita adalah kekuatan yang sangat diperlukan di dunia," imbuhnya saat memulai kampanye kepresidenan di Las Vegas, Nevada.

Obama menyatakan, nilai-nilai kebangsaan AS tetap dipegang teguh meski beragam aksi teror menimpa warga dan pemerintah AS. Dia juga menjanjikan pertahanan yang kuat setelah rivalnya, capres Partai Republik Mitt Romney menuding pemerintahan Obama memiliki kebijakan luar negeri yang lemah.

Romney memang sejak lama selalu mengkritik kebijakan-kebijakan luar negeri Obama. Romney bahkan pernah menuding pemerintahan Obama lebih tertarik dan bersimpati dengan musuh-musuh AS daripada mempertahankan nilai-nilai dan kedaulatan wilayah diplomatik AS.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Obama telah memerintahkan peningkatan keamanan di pos-pos diplomatik AS di seluruh dunia menyusul tewasnya Dubes AS untuk Libya, Christopher Stevens, dan 3 staf diplomatik lainnya dalam serangan di Benghazi, Libya timur. Militer AS pun mengerahkan dua kapal perusak ke Libya dan mengirimkan tim khusus Marinir untuk meningkatkan pengamanan di Kedubes AS di Tripoli, Libya.

(nvc/ita)
Sumber: http://news.detik.com/read/2012/09/13/122758/2017180/1148/usai-serangan-di-libya-obama-sebut-kekuatan-as-sangat-diperlukan-di-dunia?9911012

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sebisa-bisa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger